Selasa, 13 Maret 2012

Teknik Merawat dan Memperbaiki Mesin Mobil Berbahan Bakar Solar & Modifikasi mobil

Mesin tenaga diesel diketahui sangat indentik dengan sesuatu yang kotor dan tidak ramah lingkungan. Sebagai contoh lihat saja cerobong asap yang dikeluarkan oleh mesin industri dan kendaraaan bermotor bermesin diesel yang mengeluarkan asap hitam, kotor, dan tidak ramah lingkungan. Walaupun mesin diesel banyak diketahui irit bahan bakar.

Itulah sekilas isi buku yang ditulis oleh Noval MH, dalam buku itu Noval ingin memperlihatkan bagaimana cara merawat dan memperbaiki mesin diesel, serta tips-tips jitu dan modifikasi mobil.

Mesin diesel dan mesin bensin sebenarnya tidak banyak perbedaaan dalam hal layoutnya. Keduanya mempunyai engkol penggerak, mekanisme katup, rangka pendingin dan sistem pelumasan.

Boleh percaya atau tidak, ternyata hingga saat ini masih beredar pandangan keliru, ragu-ragu tentang mesin diesel yang ada pada kendaraan bermotor.

Mesin diesel sering dipojokan ke posisi kurang menguntungkan bila dibandingkan mesin bensin. Paling tidak ada kesalahkaprahan tentang mesin diesel kendaraan bermotor yang terlanjur dianggap benar.

Pada dasarnya perawatan mesin diesel dengan mobil berbahan bakan bensin tidak jauh beda, hanya pengecekannya saja yang beda, terutama pada filter oli, filter udara dan rutinitas penggantian oli mesin. Dan yang penting, melakukan tune-up setiap 50.000 km.

Seperti lazimnya mesin lain, mesin diesel perlu pemanasan ketika mobil baru dihidupkan. Karena pada prinsipnya, mesin diesel itu melakukan pembakaran di saat terjadinnya pemanasan. Jadi ini wajib dilakukan untuk mencapai temperatur kerja mesin. Disamping itu, pemanasan juga berguna untuk pelumasan yang lebih sempurna.

Ketika merawat mobil, bukan cuma bodi dan interior yang perlu dibersikan. Mesin juga perlu agar rembesan pada mesin mudah dideteksi. Jika rajin membersihkan mobil bakal terlihat kinclong. Tak cuma bagian luarnya, bagian mesin pun akan sedap dipandang.

Dengan melihat perkembangan mesin diesel saaat ini maka sangatlah beralasan jika dari sisi bisnis diangkat menjadi isu global. Apalagi pemahaman mesin diesel di indonesia masih minim.

Alasan asap hitam, suara yang keras, dan getaran dari teknologi awal mesin diesel masih melekat di masyarakat yang membuat citra diesel tersisih. Untuk mengurangi atau menghilangkan pendapat seperti itu perlu ada perbaikan image diesel ke masyarakat.

Orang lebih banyak yang tahu bahwa diesel adalah mesin yang berisik, kotor dan kumuh. Terus terang tidak banyak yang tahu bahwa mesin diesel menyimpan banyak kelebihan. Misalnya, hemat dalam mengkomsumsi BBM solar.

Oleh karena itu pula, hampir semua kendaraan niaga atau komersial mengusung mesin diesel. Mesin diesel selalu siap di ajak bertempur di medan yang berat karena daya tahan yang tinggi.

Superioritas pada putaran rendah yang diimbuhi dengan torsi stabil sangat cocok membopong beban berat dan kerja ekstra. Dan, karena konsumsi BBM solarnya yang relatif irit.

Biarpun irit bahan bakar, sebenarnya mesin diesel banyak menyimpan kelemahan, dan dari dulu sulit diatasi. Mulai dari proses menghasilkan tenaga dengan cra menempatkan bahan bakar hingga meledak sendiri akibat suhu dan tekanan tinggi, menimbulkan suara gaduh serta getaran kuat, performa yang pas-pasana, asap hitam ndan sebagainya. Semua itu menambah lengkap daftar cela untuk mesin diesel.

Belakangan ini, seiring dengan teknologi yang lebh maju, banyak produsen mobil mengutak-atik mesin kumuh ini sehingga pas pula untuk dipasang di kendaraan penumpang non niaga.

Perlahan-lahan, teknologi pun berhasil mereduksi suara dan getaran. Bau solar pun perlahan mulai tercium dari sedan. Bahkan, sedan mewah pun kini sudah mulai mengusung mesin diesel.

Seiring dengan itu, produsen tak henti untuk terus mengadakan inovasi-inovasi. Bahkan, mereka terus berusaha agar kesan irit dan hemat dari diesel tak pupus hanya karena teknologi-teknologi maju sudah memungkinkan mesin diesel untuk lebih gesit dan laju di jalan raya.

Kelebihan dari buku ini, menjelaskan secar detail sejarah mesin diese, perkembangannya, serta cara merawat mesin diesel itu sendiri. Ada juga tips-tips bermanfaat bagi pengendara mobil.

Kelemahannya hanya pada terlalu rumit untuk dipahami karena menggunakan bahasa yang hanya orang-orang tertentu saja mengetahuinya.

1 komentar:

  1. ulasannya sangat bagus disini gan,
    saya pengin tahu cara merawat mobil sendiri tentunya mobil yang berbahan bakar solar, sangat berguna menambah perbendaharaan ilmu saya
    thxc

    BalasHapus